Featured

Friday, August 26, 2005

Institut Management Global Indonesia

Gelar palsu dari Institut Management Global Indonesia (IMGI) yang berafiliasi dengan Nothern California Global University (NCGU) ini, menurut pihak kepolisian terindikasi sudah tersebar di 53 kota di Indonesia dengan mencetak banyak sekali gelar Asli tapi palsu seperti DBA, BSC, BBA, MBC, MBA, MPL, MA, MHA, MSC, MBA, PhD, Doktor dan bahkan 103 Profesor. Dari total "alumni" 9.273, gelar terbanyak yang sudah dikeluarkan adalah MBA sebanyak 2.999 orang dan Doktor sebanyak 1.060 orang.

Ketika berita tentang IMGI mencuat pertama kali, seorang teman, pada tgl 16 Agustus 2005, mengirim email kepada saya menanyakan "masih ingat dengan Luke Comey ?, ini ada beritanya: http://www.mediaindo.co.id/berita.asp?id=72666". Ya, saya jadi teringat dengan dia yang pernah tinggal di Wisma Subud, Jakarta Selatan dan pernah memberi in-house training Bahasa Inggris di Kantor kami di kawasan Golden Tully Jakarta Selatan. Saya juga teringat dengan salah satu rumah di kawasan Griya Shanta Malang dimana terpampang spanduk bertuliskan Nothern California Global University (NCGU)....Sugguh tidak pernah menyangka.

IMGI hanyalah salah satu contoh kasus saja dari sekian banyak kasus yang ada di negara kita hingga saat ini. Sebenarnya masih banyak Perguruan Tinggi (PT) dan lembaga sejenis lainnya yang "sengaja (?) dibiarkan" melaksanakan bisnis pendidikan semacam itu hingga ke pelosok daerah. Sebagian besar customernya justru adalah para Pegawai Negeri Sipil, pegawai/pejabat dari instansi pemerintah dan beberapa Perusahaan kelas atas yang masih aktif menjabat.
Para dosen, terutama yang juga menjadi dosen di PT swasta lebih tahu seluk beluknya. Banyak sekali cerita tentang hal ini, dari dosen yang mengajar ke luar kota hingga yang membuatkan tugas akhir/desertasi untuk para customernya yang malas dan hanya mementingkan - asal memperoleh gelar semata dengan cara apapun.

0 comments:

 

Pojok Kita Design by Insight © 2009